April 24, 2024

Kampung Keluarga Berkualitas atau biasa disebut Kampung KB ternyata memegang peran yang cukup fital. Bukan hanya urusan KB tapi bidang sosial, pertanian dan kesehatan masuk di dalamnya sehingga kedepan bagaimana mengintegrasikan agar semua kegiatan/program di tingkat desa.

“Kampung KB itu miniatur dari pelaksana program di tingkat desa.”ujar Henry Indrawardana, SE, M.Si Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo usai membuka pemberian pembekalan kepada para kader Kampung KB di Kabupaten Ponorogo pada Selasa, 20/02/2024 di aula lantai 6 gedung terpadu.

Dikatakan Henry, pembentukan kampung KB itu mengacu kepada inpres presiden nomer 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelengaraan kampung KB. Artinya sesuai inpres tersebut diamanatkan setiap desa/kelurahan harus memiliki kampung KB.

“Alhamdulillah, untuk Kabupaten Ponorogo sudah terbentuk 307 kampung KB. Itu artinya semua desa dan kelurahan telah ada kampung KB.”bebernya.

Tahap selanjutnya, dari 307 kampung KB di Kabupaten Ponorogo, 269 Kampung KB baru terbentuk di tahun 2023 akan dilakukan pembinaan dan pembekalan kepada para kader dengan harapan memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan Kampung KB.

“Pada tahap awal ini baru 90 Kampung KB kita beri pembekalan. Sisanya akan kita anggarkan pada PAK tahun ini.”terangnya.

Tidak berhenti sampai disitu, usai mendapat pembekalan, para kader Kampung KB pada tahap selanjutnya akan mendapat pembinaan dan pendampingan dari penyuluh KB. 

Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh penyuluh KB dalam mengajak kader untuk memperbaiki data kependudukan yang ada di desa, yang diharapkan dapat mendukung program KB maupun program pemerintah desa. 

Besar harapan dengan adanya pembekalan itu maka pihaknya bisa mengajak peran masyarakat baik kepala desa/kelurahan dalam memberi edukasi kepada masyarakat dalam peningkatan sumber daya manusia manusia. Seperti kegiatan yang sudah di laksanakan seperti sekolah orang tua hebat (SOTH), posyandu dan lain sebagainya.

“Semua kegiatan inilah yang akan kita integrasikan. Dan kampung KB akan menjadi pusat informasinya.”tegasnya.

Sementara itu Gatot Yatmoko, Ketua panitia kegiatan kepada sinyal Ponorogo mengatakan bahwa kegiatan pembekalan kader Kampung KB pada tahap awal ada 90 Kampung KB dengan peserta setiap desa ada 7 kader yang merupakan pengurus Pokja dan rumah dataku. 

Dra. Budi Lestari Mukti, MM

Dalam kegiatan tersebut Dra. Budi lestari Mukti, MM Kabid Dalduk Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan pembekalan para kader Kampung KB di Kabupaten Ponorogo tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *