Mei 27, 2024

Rafi Anjami dan Yoefa Alia dinobatkan menjadi duta generasi berencana (Genre) Kabupaten Ponorogo tahun 2023. Keduanya dinobatkan menjadi duta genre oleh Wakil Bupati Bunda Lisdyarita setelah menjadi juara 1 pada malam grand final pemilihan duta genre Kabupaten Ponorogo 2023, Jumat (26/5/2023) di Ponorogo City Center(PCC).

Untuk mendapatkan gelar tersebut, terang Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP Dan KB) Kabupaten Ponorogo Henry Indrawardana, jalan tidak mudah mereka lalui. Bersaing dengan 266 pendaftar, mereka lolos sampai grand final setelah melalui tes administrasi, tes tulis, wawancara, presentasi, dan pembekalan finalis.

“Yang mendaftar 266, kemudian ada tes tulis dan wawancara dipilih 25 peserta. Dari 25 kemudian kita kerucutkan lagi menjadi 20, 10 putra dan 10 putri. Kemudian kita karantina selama 10 hari. Mereka kita bekali dengan life skill, penguatan program untuk remaja genre, stunting, program KB, keterampilan lainnya,” ungkap Henry.

Di malam grand final pun pengetahuan mereka tentang pencegahan dan penanganan stunting, pencegahan pernikahan dini, Napza, dan sex sebelum nikah pun diuji. Barulah 3 juri memutuskan mereka pantas dipilih menjadi Duta Genre Ponorogo 2023.

Setelah dinobatkan menjadi duta genre, ucap Bunda Lisdyarita, tugas dan tanggung jawab berat menanti mereka. Menjadi duta sekaligus teladan generasi berencana, generasi remaja yang merencanakan kehidupan dewasa dengan matang. Juga menjadi bagian dari pemerintah dalam upaya pencegahan stunting, pernikahan dini, Napza, dan seks di luar nikah.

“Kami berharap remaja-remaja hebat turut mensosialisasikan mencegah pernikahan dini, seks bebas, Napza,dan membantu menurunkan stunting di Ponorogo. Terutama kepada teman sebayanya, karena otomatis mereka menjadi figur,” harapnya.

Berikut Daftar Juara Grand Final Pemilihan Duta Genre Ponorogo 2023

Juara 1

  • Putra : Rahfil Anjami dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Putri : Yoefa M. Alea dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Juara 2

  • Putra : Pradantya Nibras dari SMAN 3 Ponorogo
  • Putri : Marylin Renanda dari SMAN 3 Ponorogo

Juara 3

  • Putra : Risky Rinanda dari SMAN 1 Badegan.
  • Putri : Dinda Barninda dari SMAN 3 Ponorogo.

Juara Favorit : Talitha Tazkia dari MAN 2 Ponorogo

Juara Inspirator : Satrio Novwa dari MAN 1 Ponorogo

sumber : https://prokopim.ponorogo.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *