April 25, 2024

Grand Final Duta Genre Kabupaten Ponorogo 2022

Rafi Maulana Musthofa dan Zakiya Zulfa Zahira dikukuhkan menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Ponorogo tahun 2022. Keduanya dikukuhkan setelah menjadi juara 1 pada malam Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Ponorogo 2022 bertempat di Gedung Sasana Praja, Sabtu (26/3/2022).

Untuk mendapatkan gelar Duta Genre Ponorogo 2022 jalan yang tidak mudah dilalui keduanya. Bersaing dengan 170 pendaftar mereka mampu bertahan di babak 10 besar dan bersaing di malam Grand Final setelah melalui tes administrasi, tes tulis, wawancara, presentasi, dan pembekalan finalis.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Ponorogo Harjono menyampaikan pemenang berhak mewakili Kabupaten Ponorogo dalam pemilihan Duta Genre Tingkat Jawa Timur tahun 2022.

Namun  Harjono mengingatkan digelarnya pemilihan Duta Genre tidak berhenti menentukan siapa pemenangnya. Namun yang lebih penting, dari ajang ini akan lahir remaja yang menjadi teladan bagi remaja di Ponorogo untuk menjadi generasi berencana. Generasi Hebat yang menghindari pernikahan dini, seks bebas, dan NAPZA.

Sedangkan Kang Bupati Sugiri Sancoko yang hadir dalam malam Grand Final ini mengingatkan bangsa Indonesia dihadapkan keuntungan bonus demografi antara tahun 2025-2045. Bonus demografi ini harus dijawab dengan generasi handal dan tangguh.

“Percuma kita diberi bonus demografi ketika kita tidak bisa menyuguhkan generasi yang handal dan genre. Makan acara semacam ini tentu luar biasa,” ucap Kang Bupati.

Ketika generasi mendatang tidak mampu bersaing dengan dunia internasional, seperti dua mata pisau, Indonesia menghadapi ancaman ledakan pengangguran.

Dalam melahirkan generasi yang berkualitas harus dimulai dari sekarang, salah satunya melalui generasi berencana. Namun, dalam melahirkan remaja genre, Kang Bupati mengingatkan butuh kerja sama dan kolaborasi lintas sektor.

“Kerja ini kerja kolaboratif, sinergi itu penting karena problem mendasar bagaimana memperbaiki generasi,” tutur Kang Bupati.

Pada malam Grand Final ini, selain memilih Duta Genre, menjadi ajang pemilihan Kampung KB. Berikut daftar juara Kampung KB Kabupaten Ponorogo tahun 2022 :

Juara 1 : Desa Nongkodono Kecamatan Kauman
Juara 2 : Desa Tegalsari Kecamatan Jetis
Juara 3 : Desa Gondowido Kecamatan Ngebel
Juara Harapan 1 : Desa Pager Kecamatan Bungkal
Juara Harapan 2 : Desa Jarak Kecamatan Siman

https://prokopim.ponorogo.go.id/2022/03/rafi-dan-zakiya-dikukuhkan-jadi-duta-genre-ponorogo-2022/

sumber : https://prokopim.ponorogo.go.id/2022/03/rafi-dan-zakiya-dikukuhkan-jadi-duta-genre-ponorogo-2022/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *