Desember 10, 2022

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo melaksanakan program pelayanan KB gratis dalam momentum TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022. Kegiatan ini melibatkan beberapa unsur diantaranya TNI dan Tenaga Kesehatan. Dimana anggota TNI bersama – sama dengan penyuluh KB berperan aktif dalam penyuluhan dan konseling KB kepada masyarakat, serta bidan sebagai tenaga kesehatan yang berperan penting dalam melaksanakan pelayanan KB.

Sebelumnya rangkaian kegiatan telah dimulai pada tanggal 24 – 26 Agustus 2022 dengan Pelayanan KB gratis di beberapa Faskes Swasta yang tersebar di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Sawoo, Kecamatan Ponorogo, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Babadan dan Kecamatan Pulung. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu pada 1 September 2022 di Aula Lt. 6 Gedung Terpadu Ponorogo yang di hadiri oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Komandan Kodim 0802 Ponorogo, Danramil se-Kab Ponorogo, Kepala Puskesmas se-Kab Ponorogo, Perwakilan PKK Kabupaten dan Perwakilan Organisasi IBI.

Pelayanan KB gratis ini dilaksanakan secara serentak di 31 Puskesmas Kabupaten Ponorogo pada tanggal 6 – 8 September 2022. Pelayanan ini diberikan kepada PUS yang merupakan calon akseptor baru, ganti cara maupuan ulang. Metode Kontrasepsi yang dilayani dalam pelayanan KB gratis ini adalah IUD dan IMPLAN, yang mana pembiayaan bersumber dari program kegiatan peningkatan kesertaan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) DAK BOKB Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo TA. 2022.

Dengan adanya kegiatan Pelayanan KB Gratis ini diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat yang belum memilik BPJS Kesehatan sehingga tetap bisa mendapatkan pelayanan KB tanpa biaya sendiri. Tercatat sebanyak 214 akseptor yang telah dilayani di faskes swasta dan 1.470 akseptor yang telah dilayani di 31 puskesmas dalam momen kegiatan Pelayana KB TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu. Tujuan Kegiatan ini seperti yang disampaikan oleh Drs. Harjono, M.Kes selaku Kepala Dinas PPKB Kabupaten Ponorogo adalah meningkatkan capain PUS berKB sebagai wujud nyata mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ponorogo pada khususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *